Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbesar Potensi Cuan dengan XTRA Trade Limit Ajaib, Yuk Pelajari Fiturnya!

XTRA Trade Limit Ajaib - Jika Anda tidak ingin kehilangan momentum saat pembelian  saham, fitur Xtra Trade Limit dari Ajaib bisa menjadi solusinya. Fitur ini dapat Anda gunakan  ketika saldo RDN tidak cukup untuk membeli lot saham dalam jumlah banyak.  

Fitur ini hampir dimiliki oleh semua sekuritas Indonesia. Hanya saja mungkin penamaannya yang berbeda.

Secara umum, trade limit atau trading limit adalah fasilitas yang diberikan oleh sekuritas kepada investor atau trader sehingga dapat membeli saham lebih banyak dari buying power yang dimiliki. Tujuannya adalah agar trader dapat memperbesar potensi profit. Namun, ingat juga istilah high risk high return ya. 

Di mana potensi profit yang tinggi, dibarengi pula dengan potensi loss yang juga tinggi. Tapi selama kamu memiliki trading plan dan analisa saham yang baik sebelum trading, potensi kerugian bisa diminimalisir.

Ajaib Sekuritas, aplikasi pilihan #1Investor Indonesia, memiliki fitur XTRA Trade Ajaib dengan tambahan buying power hingga 6x dari total cash + portofolio saham setelah haircut.  

Apa bedanya dengan XTRA Day Trading? Nah, XTRA Trade Limit ini punya punya periode hold saham hingga 4 hari atau lebih. Sedangkan saham yang dibeli dengan XTRA Day Trading hanya untuk 1 hari saja, alias beli dan jual di hari yang sama. 

Sehingga fitur XTRA Trade Limit ini cocok untuk kamu tipe swing trader, yang memanfaatkan momentum pergerakan harga saham dalam beberapa hari ke depan.

Pertanyaannya adalah bagaimana perhitungan buying power trade limit dari Ajaib? Begini, jadi  limit buying power diperoleh dari total cash ditambah dengan nominal portofolio saham  setelah dipotong dengan haircut. 

Haircut sendiri adalah potongan dengan persentase tertentu dari sebuah saham yang ditentukan  oleh Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI). Menariknya, saham tipe bluechip potongannya  akan lebih kecil dibandingkan dengan saham kelas menengah. 

Oh ya buat Anda yang belum memiliki Sekuritas, silahkan download Aplikasi Trading Saham terlebih dahulu. Nah, agar mendapatkan 1 lot saham gratis, jangan lupa registrasi lewat aplikasi  Ajaib, dan masukkan kode ajaib wima911

Kenapa Menggunakan Trade Limit Dari Ajaib? 

Sebelum membandingkan fitur XTRA Trade Limit Ajaib dengan sekuritas lain, Anda bisa  membaca beberapa kelebihan berikut ini : 

1. XTRA buying power trade limit hingga 6x (regular buying power+stock portfolio after haircut) 
2. Bisa trading di 140++ saham pilihan. 
3. Fitur dapat digunakan/tersedia untuk semua users tanpa perlu melakukan aktivasi. 
4. Sekarang bisa atur saham jaminan XTRA Trade Limit, jadi saham jangka panjang kamu tetap aman dari force sell.

Kemudian kita bandingkan dengan fitur Trade Limit dari Sekuritas Lainnya. Agar lebih  mudah saya rangkum dalam tabel berikut ini !

Perbandingan Fitur XTRA Trade Limit Ajaib dengan Sekuritas Lain

BrokerTrade Limit Buying Power Users can use the feature 
 Ajaib Sekuritas Tambahan Buying Power hingga 6x (dari total cash + Portofolio saham setelah haircut)Semua User
 Mandiri Sekuritas Total 3x dana ditambah 2x portofolio saham setelah dipotong haircutSemua User
 BNI SekuritasTotal 3x dana ditambah 2x portofolio saham setelah dipotong haircutSemua User
 Mirae Asset3X Cash MarginSemua User
 IPOT3X lipat dari dana tersedia tanpa jaminanSemua User
 StockbitTotal cash ditambah dengan 1x portofolio saham setelah dipotong haircutSemua User
 Bareksa3 kali cash balance (saldo RDN) ditambah 2 kali total portofolio sahamInvestor Tertentu/Mengajukan Mandiri 

Cara Menggunakan XTRA Trade Limit Ajaib

Sebagai contoh, berikut ini cara menggunakan fitur XTRA Trade Limit Ajaib terbaru (bukan merupakan ajakan untuk membeli suatu saham ya): 
  1. Buka aplikasi Ajaib 
  2. Bisa dilihat nomor 1 adalah buying power 
  3. Pilih saham yang akan Anda beli, sebagai contoh PTBA (nomor 2 di gambar)
  4. Pilih “Long term” (nomor 3 di gambar), maka akan muncul jumlah maksimal buying power,
  5. Tentukan jumlah tambahan Buying Power yang akan digunakan, sesuai kebutuhan/jumlah lot saham yang ingin dibeli.
  6. Klik Beli, dan Selesai!
XTra Trade Limit Ajaib
Cara Menggunakan XTRA Trade Ajaib

Jika belum paham perhatikan gambar berikut !


Buying Power XTRA Trade Ajaib


Sebagai ilustrasi, Buying Power saya (reguler) senilai 312.528 dengan total Portofolio  2.330.000 dan pada contoh di atas akan membeli saham PTBA dengan harga 1 lot = 2.450.  Nah, dengan menggunakan fitur XTRA Trade Limit, nominal Buying Power menjadi Rp 6.555.499. Nilai yang lumayan kan untuk tambahan modal trading? 

NB : Portofolio saham akan dijadikan sebagai jaminan
 
Oiya, perlu diperhatikan. Jika label pada buying power masih “cash” maka kamu membeli saham dengan Buying Power yang kamu miliki tanpa menggunakan fasilitas XTRA Trade Limit. Sedangkan jika saham yang ingin dibeli lebih banyak, label akan berganti jadi “Trade Limit”, artinya kamu membeli saham tersebut dengan tambahan buying power dari XTRA Trade Limit. Lihat pada gambar agar lebih jelasnya. 

Skema Trading dengan XTRA Trade Limit di Ajaib 

Perlu diperhatikan, agar tidak terkena suspend buy atau bahkan sampai forced sell, Anda wajib  mengetahui flow trading secara cermat. Setidaknya saat menggunakan fitur XTRA Trade Limit (T+0),  Anda wajib mengembalikan buying power yang telah digunakan maksimal T+2 atau hari ke-2 bursa (sebelum pukul 18.00 WIB) setelah melakukan transaksi melalui XTRA Trade Limit.  

Seandainya setelah jatuh tempo belum melakukan pelunasan/mengembalikan kewajiban atas limit terpakai, maka di T+3 (3 hari setelah  transaksi) akan dikenakan suspend buy atau dengan kata lain tidak bisa melakukan transaksi  saham dan akan dikenakan biaya trade limit hingga kewajiban dikembalikan. 

Kemudian jika T+4 ternyata belum juga mengembalikan tambahan modal yang terpakai, maka akan dilakukan forced  sell oleh sistem pada saham yang Anda miliki sesuai dengan jumlah trading limit ditambah dengan biaya trade limit. 

Jadi, pada intinya setelah lunas, maka suspend buy akan dicabut dan  Anda bisa kembali melakukan transaksi saham seperti biasa. 

Tenang, tidak perlu khawatir. Jika kamu bisa memaksimalkan fitur ini dengan baik, maka kamu bisa memperbesar potensi profit dari trading saham.

Untuk tips, ada 2 cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari biaya trade limit. Pertama, lakukan deposit RDN senilai tambahan buying power terpakai sebelum pukul 18.00 WIB di T+2 atau 2 hari setelah melakukan pembelian saham dengan XTRA Trade Limit agar terhindar dari biaya trade limit.

Kedua, jual saham senilai nominal tambahan buying power terpakai di T+0 (hari saat membeli saham) jika tidak ingin terkena biaya trade limit. Atau lakukan penjualan saham maksimal di T+2 agar tidak terkena suspend buy ataupun force sell.

Bagaimana jika kamu melakukan deposit dana di T+3 (tiga hari setelah melakukan pembelian saham dengan XTRA Trade Limit)?

Deposit di T+3 artinya sudah jatuh tempo untuk pengembalian kewajiban dan akun kamu terkena suspend buy. Sehingga Anda akan terkena biaya Trade Limit sebesar 0.2%/hari dan akun kamu akan aktif kembali (unsuspend) setelah melakukan deposit sejumlah limit terpakai + biaya trade limit. Jadi, sebaiknya lakukan deposit sebelum pukul 18.00 WIB di T+2 agar  terhindar dari biaya dan suspend buy.

Kesimpulan 

Pada dasarnya fitur XTRA Trade Limit pada aplikasi Ajaib dapat membantu Anda memperbesar potensi profit saat momentum pasar sedang bagus, namun saldo  RDN kamu tidak mencukupi untuk membeli sejumlah lot saham. Sebab, dengan XTRA Trade Limit, kamu dapat membeli saham dengan tambahan buying power hingga 6x dari total RDN ditambah portofolio saham setelah haircut. 

Namun, yang perlu diingat adalah skema trading dengan Trade Limit perlu kecermatan agar  tidak terjadi supend buy atau bahkan forced cell yang mana saham pada portofolio Anda akan menjadi  jaminan.  

Menariknya, di Ajaib kamu bisa melindungi saham jangka panjang kamu dengan atur saham jaminan XTRA Trade Limit, berlaku juga untuk XTRA Day Trading. Cuma di Ajaib, kamu bisa trading dengan XTRA Trade Limit dengan tenang tanpa takut saham “kesayangan” kamu terkena force sell. 

Demikian sedikit ulasan mengenai XTRA Trade Limit dari Ajaib, semoga bisa menjadi  referensi Anda dalam melakukan trading. Kunjungi website Ajaib untuk mengetahui tentang XTRA Trade Limit selengkapnya. 

Download aplikasi Ajaib untuk mulai investasi dan trading saham dengan aman dan nyaman. Untuk pengguna baru, jangan lupa pakai kode Ajaib saya wima911 untuk mendapatkan hadiah gratis 1 lot saham.

Posting Komentar untuk "Perbesar Potensi Cuan dengan XTRA Trade Limit Ajaib, Yuk Pelajari Fiturnya!"